Tips Rahasia Agar Walet Cepat Menginap


Tips Agar Walet Cepat Menginap

Cara supaya walet cepat menginap bukan hal sepele yang bisa dilakukan sembarang orang. Akan tetapi, perlu mempertimbangkan beberapa aspek untuk mendukung usaha mengundang walet agar mau datang dan menginap. Tentu setiap petani walet ingin rumah atau gedung walet yang dibuat ditempati burung walet secepatnya. Sayangnya hal tersebut tidak mudah. Meski gedung sudah dibuat sedemikian bagus, tetapi tidak lantas membuat walet mau datang menginap begitu saja. Dibutuhkan beberapa tips dan trik, seperti berikut ini:

tips agar walet cepat menginap

Menggunakan aromatik agar walet cepat menginap 

Ada aroma tertentu yang bisa menarik perhatian walet. Aroma yang dimaksud adalah aroma pemikat walet. Aroma walet akan membuat burung walet mengira bila gedung yang Anda buat adalah habitat asli burung walet. Aroma walet bisa Anda buat sendiri dengan beberapa cara berikut:

Dari kotoran burung walet. 

Caranya campur kotoran walet dengan air dengan perbandingan 10 kg kotoran : 5 liter air. Larutan sampai rata lalu biarkan mengendap selama 5 hari. Bila sudah Anda bisa menyaring endapan untuk mendapat cairan dan ampas. Cairan yang dihasilkan selanjutnya bisa Anda campur dengan minyak ikan menggunakan perbandingan 3 : 1 dan aduk rata. 

Semprotkan aroma walet yang sudah Anda buat ke setiap sudut ruang, dinding, lantai, dan bahkan nesting plank. Supaya tips agar walet cepat menginap ini memberi hasil maksimal usahakan untuk tidak menyemprot aroma walet secara berlebihan. Pasalnya kotoran walet sebenarnya bisa menghasilkan asam belerang, karbondioksida, dan gas amonia yang mencemari gedung. Sehingga gedung malah menjadi kurang sehat.

Memanfaatkan Telur Bebek

Cara lain yang tidak kalah efektif yaitu memanfaatkan telur bebek. Dalam hal ini Anda bisa mencampur bagian putih telur bebek dengan air secukupnya. Untuk jumlah telur bebek yang digunakan bisa disesuaikan dengan luas bangunan gedung walet. Campur dengan sedikit sarang walet kemudian haluskan dengan blender. Campuran ini bisa Anda semprotkan ke nesting plank untuk merangsang walet agar mau bersarang.

Untuk formula Anda bisa mencoba mencampur 7 putih telur bebek, 4 sarang burung walet, dan air 60 liter. Haluskan dan campur. Endapkan campuran selama 2 minggu di dalam ruang tertutup.

Campuran perangsang ruangan ini lebih aman disemprotkan di atas jam 10 pagi. Misalnya saat cuaca di luar cukup terik. Semprotkan dengan mengambil jarak sekitar setengah meter dari nesting plank. Jadi lebih baik tidak terlalu dekat agar nesting plank tidak berbau menyengat.

Menggunakan Besek

Besek menjadi daya tarik pemikat yang bagus, khususnya bagi walet muda. Sehingga kebanyakan walet akan memilih menginap dan membuat sarang di sudut nesting plank. Dalam hal ini lebih baik bila Anda membuat nesting plank yang melintang agar mudah dilepas saat populasi walet sudah berkembang pesat.

Pelepasan nesting plank itu sendiri bertujuan agar Anda bisa mendapat sarang bermutu bagus. Yakni sarang walet dengan lengkung sempurna.

Penempatan besek di gedung efektif membuat walet cepat menginap. Ada dua jenis besek yang bisa digunakan. Yaitu besek dengan ukuran panjang 1 meter atau bisa lebih. Bisa juga menggunakan besek berbentuk persegi dengan ukuran bermacam-macam. Dimana besek panjang dipasang untuk melapisi nesting plank, sementara besek persegi untuk langit-langit rumah walet.

Besek yang menarik bagi walet adalah besek yang sudah dioven atau mempunyai aroma walet. Penggunaan besek yang sudah dioven juga memastikan agar besek tidak berjamur. Mungkin membeli besek yang sudah dioven sedikit mahal, tetapi lebih menguntungkan karena bisa Anda gunakan untuk waktu lama.

Bagi Anda petani walet memang harus mengondisikan gedung yang nyaman. Caranya dengan mencoba beberapa trik agar walet cepat menginap di atas. Selamat mencoba dan semoga sukses.