Cara Meningkatkan Populasi Walet Dalam Gedung

Jual Jual

Rahasia Meningkatkan Populasi Walet

Bagaimana cara cepat menambah populasi walet? Bila populasi burung walet di dalam gedung atau rumah semakin banyak, maka artinya akan semakin banyak pula hasil sarang walet yang bisa Anda panen. Apakah Anda sudah siap untuk panen besar dan mendapat untung berlimpah?

cara meningkatkan populasi walet
Sebelumnya perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi cepat tidaknya perkembangan populasi walet. Sebut saja seperti kenyamanan gedung, pakan, dan ada tidaknya hama pengganggu. Berikut lebih jelasnya:

Kenyamanan Gedung

Kenyamanan gedung ditentukan 2 hal yakni suhu dan kelembaban. Untuk gedung walet berbahan kayu umumnya bersuhu panas. Apalagi di musim kemarau suhu gedung bisa mencapai 30 derajat. Suhu tinggi tidak nyaman untuk walet bersarang.

Pakan

Pakan menjadi nilai pikat untuk menarik perhatian walet. Bila pakan tersedia berlimpah pastinya membuat walet betah dan mau membuat sarang dalam gedung. Adanya pakan yang banyak juga akan merangsang walet untuk mau kawin dan membuat sarang. 

Hama Pengganggu

Adanya hama pengganggu bisa membuat usaha Anda agar populasi walet meningkat jadi sia-sia. Keberadaan hama bisa menyebabkan anak walet mati. Hama yang dimaksud bisa berupa tikus atau lainnya.

Memang menyenangkan bila mendapati banyak walet mampir dan singgah di rumah yang dibuat. Hanya saja meningkatkan populasi walet secara cepat bukan berarti tidak ada risiko. Meski demikian bukan hal mustahil meningkatkan populasi walet. Berikut ini beberapa cara meningkatkan populasi walet yang bisa Anda coba: 

Membuat Gedung yang Nyaman

Cara cepat menambah populasi walet pertama buat bangunan gedung dengan memperhitungkan lokasi yang tepat. Selanjutnya atur pembagian gedung walet sedemikian rupa agar walet merasa betah dan mau menginap.

Seperti yang disebut sebelumnya, walet tidak betah dengan suhu panas. Jaga suhu ruangan gedung supaya bisa stabil menyerupai kondisi habitat asli yang bersuhu antara 25 hingga 28 derajat. Jaga agar suhu gedung tidak terlalu panas yang membuat walet tidak betah dan pindah ke gedung lain.

Untuk menjaga suhu stabil Anda bisa menyusun batu bata dengan campuran semen pasir dalam baskom. Pada tiap baskom bisa diberikan 4 buah batu pata dalam posisi berdiri. Isi air dan jaga permukaan batu bata tetap muncul di atas air. Sistem ini merupakan sistem pendingin sederhana yang efektif menjaga suhu mirip seperti habitat asli. 

Hindari Adanya Hama

Usahakan agar gedung yang dibuat tidak menjadi sarang hama atau mengundang kehadiran serangga yang bisa mengganggu walet dan membuat walet enggan bersarang.

Sediakan pakan walet dan bisa juga ditambahi sarang imitasi bila memang dibutuhkan. Untuk pancingan Anda bisa memberi buah nanas. Bau nanas tidak mengganggu bagi walet. Adapun bau nanas ditujukan untuk memancing serangga terbang agar datang sehingga kebutuhan pakan walet tercukupi.

Kebutuhan pakan ini membuat walet menjadi betah dan sangat mempengaruhi walet muda untuk segera ingin kawin lalu membuat sarang. Untuk memancing serangga sebenarnya Anda bisa menggunakan buah lain tidak harus buah nanas. Selama buah yang dipilih tidak memunculkan bau yang mengganggu walet.

Memanfaatkan Suara Panggil

Agar populasi walet meningkat Anda bisa memanfaatkan suara tarik, suara panggil, atau suara inap yang seringkali sukses menarik perhatian walet. Untuk tips ini Anda juga bisa mencoba memakai suara walet baru. 


Demikian beberapa cara yang bisa dicoba untuk cara meningkatkan populasi walet Anda di gedung. Gunakan cara meningkatkan populasi walet efektif di atas agar hasil panen Anda berlimpah.