Cara Mengatur Kelembaban Rumah Walet (ThermoHygrometer)


Kelembaban Rumah Walet - Kelembaban rumah walet yang paling ideal adalah antara 80 - 90 %. Apabila kelembaban rumah walet lebih tinggi misal antara 95 - 105 % maka hal ini akan berdampak pada sarang walet yang akan menjadi lembek dan berwarna semakin keruh. Sedangkan jika kelembaban teralu rendah misal antara 30-50 % akan berpengaruh pada sarang yang mudah retak atau bentuk yang kurang sempurna.
 
Alat ukur yang membantu untuk mengetahui kelembaban rumah walet salah satunya adalah Thermo Hygrometer seperti gambar di bawah ini:

Thermo Hygrometer

1. Analog


Cara Mengatur Kelembaban Rumah Walet

2.Digital 

Cara Mengatur Kelembaban Rumah Walet


Alat ini merupakan alat yang wajib dimiliki apabila Anda adalah seorang peternak walet. Selain digunakan untuk mengukur kelembaban, alat ini juga difungsikan sebagai pengukur suhu ruang.
 

Kelembaban ruangan

Cara untuk menjaga kelembaban ruangan agar selalu stabil adalah dengan cara membuat bak air dengan baskom ataupun cara lainnya, yang terpenting bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga bersifat permanen pada ruangan gedung walet.
 
Tips bagi daerah equator yang rata-rata bersuhu 30 - 33° C dapat menggunakan bak air yang berukuran lebih besar yang memiliki permukaan yang luas, ketinggian air datap disesuaikan boleh hanya berkisar 20 Cm. Untuk luasnya bak air berkisar 70% dari total keseluruhan luas bangunan/kamar. Dengan cara ini penguapan dalam ruangan akan lebih merata.
 
Kemudian pada daerah yang bersuhu antara 26 - 28° C bak air yang digunakan relatif berukuran lebih kecil yaitu cukup 25% dari keseluruhan luas ruang.
 
Sekian informasi tentang cara mengatur kelembaban rumah walet. Semoga bermanfaat