Cara dan Proses Pemasakan Sarang Walet


Sarang burung walet yang biasanya dipanen dari gua-gua atau rumah walet ini banyak sekali manfaatnya khususnya untuk kesehatan. Sarang walet memiliki gizi yang tinggi seperti zat besi, mineral dan 16 kandungan asam amino serta karbohidrat. Namun, tidak banyak orang yang tahu tentang cara mengolah sarang walet ini menjadi makanan yang disukai.

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara untuk proses pemembuatan sarang burung mentah:


  1. Ketika sarang burung walet telah disiapkan, dari gua atau rumah walet itu tidak jadi masalah. Rendam sarang-sarang tersebut di air panas selama 15 sampai 20 menit hingga sarang terasa lembut. Jangan merendamnya terlalu lama agar tidak merusak tekstur sarang. Tangani dengan hati-hati, jangan sampai helainya menjadi terpisah. Sarang yang memiliki untaian utuh menjadikan nilainya lebih tinggi. Jumlah untai per sarang bervariasi antara 70-90.
     
  2. Selanjutnya, Pisahkan bulu-bulu yang menempel pada sarang. Biasa dengan menggunakan pinset. Karena proses ini dilakukan secara manual, hal ini membutuhkan keterampilan yang lebih agar tidak merusak sarang. Proses ini sangat memakan waktu. Cegah agar tidak sampai terkontaminasi silang.
     
  3. Gantungkan sarang yang sudah bersih di bawah sinar matahari selama dua sampai tiga jam untuk mengeringkan dan menghilangkan uap air.
     
  4. Kemudian, sarang bias disimoan di tempat dingin, atau bisa langsung pada proses pemasakan sarang.
     
  5. Masukan sarang ke air dingin untuk dilunakan. Hindari menggunakan air yang diambil langsung dari pipa karena dapat menyebabkan kontaminasi. Waktu pencelupan bervariasi tergantung pada jenis sarang yaitu antara 10 menit sampai semalaman. Misalnya untuk sarang yang berwarna merah harus direndam semalaman. Yang terpenting adalah ketika sarang sudah terasa lembut dan melebar berarti sarang sudah siap untuk langkah selanjutnya.
     
  6. Siapkan air mendidih lagi untuk penguapan sarang. Durasi didih tergantung pada jenis sarang. Untuk sarang yang di panen dari rumah, harus dibatasi sekitar 40 menit. Untuk sarang yang didapat dari gua, waktu penguapan hingga 2 sampai 3 jam. Kemudian, tambahkan gula secukupnya sesuai selera saja. Hindari menggunakan perebusan langsung. Cara terbaik adalah menggunakan uap dan menjaga suhu di bawah 100 derajat celcius.
     
  7. Matikan api dan biarkan sarang rebusan mendingin selama minimal 30 menit sebelum membuka tutupnya. Dan sarang sudah siap.

Itulah tadi beberapa cara dan proses pemasakan sarang walet. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Sekian dan trimakasih.”